Tuesday, September 8, 2009

MalangPost : Berantas Kemaksiatan Tanpa Kekerasan

Berantas Kemaksiatan Tanpa Kekerasan

MALANG – Puluhan aktivis lembaga dakwah kampus yang tergabung dalam Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) Kota Malang, melakukan aksi turun jalan untuk mengajak umat Islam menyambut datangnya bulan suci Ramadan dengan suka cita.
Dengan memakai pengeras suara di atas pick up, mereka mengingatkan kepada para pengguna jalan yang melintas di sekitar Alun-alun Kota Malang untuk merajut kembali kejayaan umat Islam di bulan Ramadan sebagai bulan kemenangan.
“Ramadan sebagai momentum kebangkitan dan kejayaan dengan tidak hanya menunaikan ibadah puasa sebagai kewajiban. Tapi juga mewujudkan hakikat dan nilai luhur dari konsep rahmatan lil alamin sebagai kesalehan sosial,” kata Ketua Puskomnas FSLDK, Dani Setiawan.
Tidak hanya menyerukan dan mengajak umat Islam untuk menyambut Ramadan dengan suka cita, para aktivis masjid di kampus itu, juga menolak keterkaitan antara terorisme yang terjadi belakangan dengan nilai Islam. Menurutnya, nilai Islam berasal dari satu sumber, namun dibawa dan disyiarkan oleh berbagai entitas yang memiliki keragaman kultur. Justifikasi dan generalisasi terkait dengan hal itu adalah kesalahan fatal, meskipun pelaku teror yang beragama Islam mengatasnamakan Islam.
Islam menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Momen Ramadan hendaknya menjadi titik balik niali perjuangan dengan mewujudkan kebangkitan dan persatuan, demi terwujudnya keadilan hak azazi manusia. “Seperti tercapainya kemerdekaan bagi bangsa lain yang terjajah dan teraniaya,” ungkapnya.
Mereka juga mendesak Pemkot Malang dan aparat kepolisian untuk menindak tegas tempat-tempat hiburan yang buka selama Ramadan, serta meminimalisir kegiatan-kegiatan yang mengganggu kekhidmatan ibadah Ramadan. “Kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bergabung memberantas kemaksiatan tanpa kekerasan,” tegasnya.(aim)

No comments:

Post a Comment